Jumat, 02 Maret 2012

Venus


Venus

Venus atau Bintang Kejora adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan. Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi Matahari. Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Pakar astrobiologi berspekulasi bahwa pada lapisan awan Venus termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan.

Venus adalah planet tetangga terdekat Bumi. Planet Venus dapat diamati setelah matahari terbenam dan sebelum matahari terbit. Venus adalah planet 6 tata surya terbesar dan lebih dekat dengan matahari daripada bumi. Venus disebut Sukra dalam astrologi Hindu kuno. Hal ini diamati oleh Babel di 1600BC awal dan disebut planet Ishtar, dewi cinta dan kewanitaan.

Venus dikenal sebagai bintang mengembara jauh sebelum penemuan teleskop. Orang barat berpikir Venus ada dua planet yang berbeda pada pagi dan sore. Phythagoras adalah yang pertama untuk mengetahui di abad ke-6 yang merupakan salah satu planet. Dia berpikir bahwa Venus mengorbit di sekitar Bumi. Galileo melihat pada abad ke 17 bahwa Venus memiliki sifat-sifat seperti bulan.

Seorang jenius Rusia bernama Mikhail Lomonosov yang pertama kali menemukan atmosfer Venus di 1761. pengamatan lebih lanjut dilakukan oleh Johann Schroter 1790 dan tahu bahwa Venus muncul seperti sebuah bulan sabit. Chester Smith Lyman adalah orang pertama yang menemukan cincin di sekitar sisi gelap planet. Suasana Venus sangat padat yang menyebabkan masalah bagi para ilmuwan yang ingin mengetahui periode rotasi. Namun, Johan Schroter dan Giovanni Cassini berpikir bahwa Venus memiliki periode rotasi 24 jam.
Venus memiliki beberapa ciri yang mirip dengan Bumi. Venus mengandung batu silikon hadir pada permukaannya seperti Bumi. Ukuran dan make up mirip dengan Bumi. Selain itu, Venus dan Bumi mempunyai inti yang sama yang terdiri dari deposito besi kompak dan pusat Venus sangat mirip dengan Bumi. Namun, suasana yang sangat padat untuk hosting hidup. Venus dipenuhi dengan awan asam sulfat dan panas mengering parah sampai semua badan air. Permukaannya adalah banyak panas dari Merkurius. Mayoritas fitur permukaan Venus terinspirasi dari perempuan.

Ada beberapa misi wahana ruang untuk Venus. Yang pertama adalah Venera Rusia 1. Namun kehilangan kontak dengan Bumi setelah tujuh hari. Pesawat luar angkasa pertama yang berhasil datang dekat dengan Venus Amerika Mariner 2 dalam tahun 1962. Ada lebih dari 20 kunjungan pesawat ruang angkasa ke Venus.
simbol venus
Nama lain                         : Zohrah, bintang kejora
Aphelion                           : 108.942.109 km / 0,72823128 SA
Perihelion                         : 107.476.259 km / 0,71843270 SA
Periode Orbit                   : 583,92 hari
Volume                            : 9,38x1011 km3
Massa                              : 4,868x1024 kg
Massa jenis                      : 5,204 g/cm3
Gravitasi                          : 8,87 m/s2
Komposisi                       : 96,5% CO2, 3% N2, dan 0,5 gas lainnya.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Venus
http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/1998462-penemuan-planet-venus/

0 komentar:

Poskan Komentar